Temanggung, KULINTANG – Pelatihan jurnalistik bertemakan Literasi Digital dan Etika Jurnalistik diselenggarakan oleh Perpustakaan Gibraltar MAN Temanggung, di ruang Multimedia Perpustakaan Gibraltar MAN Temanggung, Senin (18/12/2023). Sebanyak 25 peserta dari berbagai organisasi di MAN Temanggung mengikuti pelatihan dengan narasumber dari Dinas Kominfo Temanggung.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan memperkuat etika jurnalistik peserta, yang terdiri dari anggota OSIS, UKIS, santri asrama, dan anggota Kulintang (Komunitas Literasi Gibraltar MAN Temanggung), dengan setiap organisasi mengirimkan perwakilan 3 siswa.

Salsabila Defa Meylani membawakan acara dengan penuh semangat, diawali dengan sambutan Kepala Madrasah KH. Ali Masyhar dan arahan dari Waka Kesiswaan Jafar Shodik.

Keduanya berpesan bahwa jurnalistik untuk generasi yang serba teknologi perlu dikembangkan, serta siswa-siswi MAN Temanggung diharapkan dapat menulis berita di media sosial setiap ada event.

Kepala Dinas Kominfo Gotri Wijianto menyampaikan terkait konten media sosial dapat merubah mindset seseorang.

“Jadilah orang yang dewasa, bisa menyaring berita, karena semua orang menjadi wartawan tanpa sadar,” tegas Gotri Wijianto.

Narasumber Eko Kus Prasetyo redaktur Media Center Dinas Kominfo Temanggung memberikan wawasan mendalam tentang literasi digital dan prinsip-prinsip etika jurnalistik.

“Menulis adalah jam terbang, jadi teman-teman jangan malas dan enggan menulis. Semakin sering menulis, teman-teman akan terbiasa,” jelas Eko Kus.

Para peserta terlibat aktif dalam berbagai kegiatan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mereka terkait dunia jurnalistik digital.

Pelatihan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, memberikan waktu yang cukup bagi peserta untuk menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan. Mereka dilibatkan dalam diskusi kelompok, praktek membuat berita, dan simulasi situasi nyata untuk mengasah kemampuan mereka dalam menyusun berita dengan benar dan etis.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta dapat menjadi agen perubahan dalam menyampaikan informasi dengan cara yang informatif, akurat, dan etis. Dengan meningkatnya literasi digital, diharapkan peserta mampu mengunggah dan mengelola berita atau event yang terjadi di MAN Temanggung melalui artikel dan media sosial.

Melalui kolaborasi antara Dinas Kominfo Temanggung dan MAN Temanggung, acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga memperkuat jaringan antar-kelompok di sekolah.

Harapannya, pelatihan ini akan menjadi tonggak awal bagi peserta untuk lebih aktif berpartisipasi dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi seluruh warga MAN Temanggung. (balqis;Fera;Wahidatun)