Temanggung, Ahad [30/06/24]
KULINTANG kembali menjadi tamu spesial dalam acara Kuliah Tongkrongan Universitas Balakarta di Alun-Alun Temanggung, bertema “Kenapa Temanggung?”.

Dosen diskusi kali ini adalah Fatih, yang akrab dipanggil Oteng. Diskusi tidak hanya dihadiri oleh anggota Balakarta dan KULINTANG, tetapi juga beberapa pengunjung Alun-Alun yang tertarik untuk bergabung.

Rektor Balakarta turut menyanjung atas kehadiran dari perwakilan KULINTANG dan anggota Balakarta. “Terima kasih untuk KULINTANG dan bagian dari Universitas Balakarta yang telah meluangkan waktunya pada diskusi kali ini,” kata Atfif selaku Rektor Universitas Balakarta dalam sambutannya.

Acara dimulai dengan pembukaan dan perkenalan tentang Balakarta oleh Atfif. Selanjutnya, Fatih/Oteng memperkenalkan diri, diikuti oleh pendatang yang bergabung dalam diskusi ini.

Metode diskusi kali ini berbeda dari sebelumnya, yaitu menggunakan kertas dan spidol untuk menggambarkan imajinasi sesuai tema yang kemudian dipresentasikan.

Sesuai instruksi dosen, tema gambar pertama adalah “Bagaimana jika Temanggung menjadi kota besar?” Setelah gambar selesai, peserta mempresentasikan secara bergantian. Banyak imajinasi dan opini muncul, seperti adanya universitas di Temanggung, gedung-gedung mewah yang menarik wisatawan, tembakau sebagai identitas kota yang dikenal di negara lain, dan banyak destinasi wisata di tengah kota yang ramai.

Tema gambar kedua membahas faktor yang memengaruhi sulitnya merealisasikan imajinasi dari gambar pertama. Dalam diskusi ini, peserta yang duduk di sebelah penyaji gambar berhak memberikan tanggapan, baik berupa afirmasi maupun penolakan.

Tema ketiga membahas kontribusi peserta untuk kemajuan Kabupaten Temanggung, seperti peningkatan kualitas SDM, pendirian lembaga pendidikan khusus, seperti manajemen, ekonomi, serta filsafat, dan menggerakkan kesadaran positif yang kecil namun berdampak besar.

Dari Balakarta kemudian berikan tugas untuk peserta agar membuat tulisan tentang betapa penting beserta alasan kepada pemerintah mengenai aksi untuk kemajuan Kabupaten Temanggung, seperti peningkatan kualitas SDM dan pendirian universitas di Temanggung.

Diskusi kali ini diharapkan dapat membuka jalan pikiran tentang Kabupaten Temanggung yang keadannya sangat tertinggal dibandingkan kota-kota lain, sehingga terdorong untuk mencari solusi secara kritis. Terlebih lagi peran pemerintah yang sangat penting untuk kemajuan suatu daerah.
Pembuat: Ayun & Intan